Selasa, 04 Oktober 2011

Kasus Pemanfaatan Social Media dalam hal yang Positif dan Negatif

Teknologi dibuat untuk memudahkan manusia melaksanakan segala aktivitas dalam hidupnya. Bentuk-bentuk sumbangsih teknologi kedalam peradaban manusia juga rasanya tidak perlu saya jelaskan lagi, Anda tentu sudah dapat mengetahui beribu contoh manfaat teknologi bagi kehidupan kita.
Kita juga tidak dapat menyangkal bahwa perkembangan teknologi yang sangat pesat ini telah banyak merubah kehidupan kita, baik ke arah negatif dan positif. Jujur saja, kalau saya sendiri cenderung untuk melihat segala sesuatu itu dari sudut pandang positifnya. Seperi terhadap tema bahasan yang akan saya tulis kali ini, yakni Dampak Social Networking.

Ketika ketika mengucapkan kata “dampak”, pikiran apa yang biasa terlintas dipikiran kita? Kebanyakan dari kita pasti berpikiran negatif terhadap kata itu dan dihubungkan dengan segala sesuatu yang buruk. Baiklah, untuk tema “dampak social networking” saya rasa memang terdapat beberapa dampak negatif dari social networking terhadap kehidupan pribadi kita. Beberapa hal negatif yang dapat saya tangkap diantaranya adalah kecenderungan mereka untuk lebih memilih bersosialisasi di dunia maya daripada bersosialisasi di luar rumah. Hal ini tentunya berdampak terhadap kurangnya aktivitas kita diluar rumah.


Saya kira tidak terlalu banyak pengaruh negatif dari situs-situs social networking yang ada. Kalaupun ada misalnya seperti kasus penculikan lewat perkenalan di situs social networking dan sebagainya, saya rasa itu bukan bagian kesalahan dari situs social networking. Itu salah penggunanya sendiri, seperti kalau kita analogikan dengan pedang, apakah kita akan menyalahkan sebuah pedang karena alat tersebut digunakan untuk membunuh? Hey, what’s up Guys. Berpikirlah secara jernih terhadap segala sesuatu .


Ok, selanjutnya saya akan membahas pengaruh positif social networking terhadap dunia. Kalau terhadap kita sendiri tentunya sudah biasa, palingan isinya tentang beberapa hal berikut ini :
-          Menambah akrap  dengan teman lama
-          Menambah jumlah teman
-          Membangun relasi dengan orang lain dari berbagai kalangan dengan mudah
-          Bisa berteman dengan teman dari luar negeri (heheheh).
Hal diatas kan tentunya sudah sangat biasa dan kita ketahui secara umum dan kita rasakan sendiri sebagai pengguna dari social networking itu sendiri. Selanjutnya saya akan memberikan contoh dampak social networking terhadap negara.


Social Networking mampu merevolusi dan melangserkan pimpinan negara yang sudah berkuasa lebih dari 30 tahun !!
Waduh, Kasus ini benar-benar terjadi di Mesir ya . Seperti kita ketahui bahwa penyebab utama revolusi di Mesir adalah terinspirasi dari gerakan revolusi di Tunisia. Tapi coba mari kita lebih dekat asal mulanya dari gerakan revelousi mesir itu sendiri. Revolusi di Mesir diawali dari sebuah penggalangan masa dengan jumlah sedikit melalui facebook. Hal ini dilakukan oleh seorang warga mesir yang bekerja digoogle. Dia membuat sebuah group atau page untuk menggalang masa mengadakan “silent demo”.

Demo kecil inilah yang menjadi awal gerakan demo terbesar di Mesir dan kemudian diikuti oleh seluruh rakyat mesir.
Ok, sekian dulu tulisan saya kali ini mengenai dampak positif dan negatif social networking bagi kehidupan kita dan pada kehidupan yang ada di dunia ini


Sumber: http://ribkhan.com/?p=464

Tidak ada komentar:

Posting Komentar