Rabu, 07 Maret 2012

Ilmu Web


Definisi
           Website merupakan sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet.  Secara Teknis, web adalah  sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk  teks, gambar, suara, dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet webserver  dipresentasikan dalam bentuk hyperttext.  Informasi diweb   dalam bentuk  teks umumnya di tulis dalam format HTML (Hypertext Markup Languange ). Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara  ( dalam format AU, WAV), dan Objek multimedia lainnya ( seperti MIDI, shockwave, Quicktime Movie, 3D World).

Sejarah Website
Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.
web 2.0
Web 2.0 adalah sebuah revolusi bisnis di dalam industri komputer yang terjadi akibat pergerakan ke internet sebagai platform, dan suatu usaha untuk mengerti aturan-aturan agar sukses di platform tersebut.
Web3.0
Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Hal ini berarti bahwa mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini.
Posting Oleh : Team News [June 2, 2010 - 8:25 am] 
       dan Sumber: Buku  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar