Rabu, 09 April 2014

BIOINFORMATIKA

          Bioinformatika (Bioinformatika) adalah studi tentang pengumpulan informasi, pengolahan, penyimpanan, transmisi, analisis dan interpretasi aspek lain dari disiplin, itu adalah melalui pemanfaatan biologi, ilmu komputer dan teknologi informasi dan mengungkapkan data biologis yang besar dan kompleks diberikan beberapa misteri biologis.
        Sebuah bioinformatika adalah koleksi, analisis data genetik, dan didistribusikan ke lembaga penelitian subyek baru (Bioinformatika adalah subjek baru pengumpulan data genetik, analisis dan penyebarluasan untuk komunitas riset)

PEMANFAATAN BIOINFORMATIKA
1. mengungkapkan bagaimana kode genetik diterjemahkan untuk membentuk komponen makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan atau bakteri)
2. memprediksi fungsi gen
3. membantu perancangan obat baru
4. melacak letak kerusakan gen yang mengakibatkan penyakit genetik
5. menelusuri evolusi biologi dari organisme
6. mencari kesamaan genetik diantara berbagai macam organisme
Masih banyak lagi manfaat bioinformatika dalam dunia kedokteran, yang intinya memudahkan dalam kegiatan rekayasa genetika.

Ada beberapa bidang yang terkait dengan bioinformatika, diantaranya :
Biophysic
Biophysic adalah sebuah bidang interdisipliner yang mengaplikasikan teknik-teknik dari ilmu fisika untuk memahami struktur dan fungsi biologi. 
 
Computational biology
Computational biology adalah gerak evolusi, populasi, dan biologi teoritis daripada biomedis dalam molekul dan sel.Namun, tidak semua dari computational biology merupakan bioinformatika. 
 
Medical informatics
Medical informatics adalah suatu displin ilmu yang baru yang didefinisikan sebagai pembelajran, penemuan, dan implementasi dari struktur dan alogaritma untuk emningkatkan komunikasi, pengertian, dan manajemen informasi medis.

Cheminformatics
Cheminformatics adalah kombinasi dari sintesis kimia, penyaringan biologis, dan pendekatan data-mining yang digunakan untuk penemuan dan pengembangan obat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar